6/recent/ticker-posts

FORMASI MENGAJAR 2022

FORMASI, 12/11/2022- FORUM Mahasiswa Bidikmisi dan KIP-Kuliah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, alhamdulillah telah sukses menyelenggarakan kegiatan FORMASI Mengajar yang berlangsung selama 1 bulan dengan 15 kali pertemuan yang dilakukan secara offline di TPA Nur Huda Papungan dari tanggal 11 Oktober – 06 November 2022 yang diketuai oleh saudara Bambang Setiawan dari angkatan 2020. FORMASI Mengajar  dengan tema “Menumbuhkan Generasi Qurani yang Madani daN Berakhlakul Karimah” bertujuan dapat memotivasi Mahasiswa Bidikmisi dan KIP-Kuliah untuk ikut serta dalam kegiatan ini. Sebelum dilaksanakan kegiatan FORMASI Mengajar ini untuk pesertanya dilakukan open recruitment kepada peserta yang sudah mengikuti FORMASI Mengaji pada kegiatan sebelumnya. Kemudian dilanjutkan pembagian jadwal mengajar di TPA Nur Huda Papungan.

FORMASI Mengajar merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Divisi Society and Religious (SOLIVICE) pada Kabinet Lestari tahun 2022. FORMASI Mengajar bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada Mahasiswa Bidikmisi dan KIP-Kuliah dan membagikan ilmu yang sudah didapatkan selama mengikuti kegiatan FORMASI Mengaji. Acara FORMASI Mengajar ini menyelenggarakan Grand Opening pada tanggal 11 Oktober 2022 pukul 16.00 WIB yang diikuti sebanyak 15 pengajar di TPA Nur Huda Papungan sebagai bentuk pendekatan terhadap adik-adik TPA. FORMASI Mengajar secara resmi dibuka oleh ketua panitia yaitu saudara Bambang Setiawan. Selanjutnya dilakukan perkenalan antara pengajar dan adik-adik yang dihadiri sekitar 25 santriwan dan santriwati.

Setelah dilakukan Grand Opening dilanjutkan pelaksaan FORMASI Mengaji mulai tanggal 11 Oktober – 06 November 2022 dengan 15 kali pertemuan. Di dalam FORMASI Mengajar ini juga dilakukan lomba buat adik-adik di akhir pertemuan yang berguna untuk mengetahui kemampuan atau perkembangan peserta dalam proses belajar Al-Quran. Lomba yang dilakukan di TPA Nur Huda Papungan dengan materi yang sudah diajarkan saat pembelajaran FORMASI Mengajar seperti lomba adzan, lomba mewarnai dan lomba hafalan doa-doa.

Setelah kegiatan tersebut dilakukan selanjutnya mengadakan Grand Closing yang diselenggarakan pada tanggal 06 November 2022 di TPA Nur Huda Papungan dimulai pukul 08.00-10.00 WIB yang dihadiri oleh para tamu undangan, wali santri dan santri. Acaranya diawali dengan pembukaan acara dengan formal dan sambutan-sambutan oleh Ketua Panitia, Ketua Umum, Sambutan Bapak Rudi, Ustadz dan Takmir TPA Nur Huda Papungan. Grand Closing ini dimeriahkan dengan pentas seni yang ditampilkan oleh adik-adik TPA seperti pencak silat, bersholawat, membaca puisi dan tartil. Dalam acara ini juga dibacakan juara lomba dan pemberian hadiah bagi yang mendapatkan juara lomba dari juara 1 sampai juara 3. Setelah serangkain acara selesai, diakhiri dengan foto bersama untuk dijadikan sebagai kenang-kenangan kemudian dilanjutkan mengadakan kegiatan Clean Of The Mosque (COM) yaitu salah satu kegiatan yang dilakukan oleh divisi ini dengan tujuan untuk membersihkan dan memberikan perlengkapan kebersihan agar saat melaksanakan sholat atau kegiatan di masjid terasa nyaman.

Posting Komentar

0 Komentar