6/recent/ticker-posts

Bersinergi Membangun Organisasi, FORMASI UIN Raden Mas Said Surakarta Gelar Musyawarah Besar Guna Lahirkan Nahkoda Baru

 SUKOHARJO – Forum Mahasiswa Bidikmisi & KIP-Kuliah (FORMASI) UIN Raden Mas Said Surakarta sukses menyelenggarakan serangkaian kegiatan musyawarah besar mulai dari hari Jum’at, 23 Desember sampai Minggu, 25 Desember 2022 di Gedung Graha UIN Raden Mas Said Surakarta dengan mengangkat tema “Bersama membangun kualitas dan solidaritas untuk menjadikan FORMASI yang berintregitas”.

Musyawarah Besar (MUBES) merupakan forum tertinggi organisasi sebagai agenda tahunan yang sudah diatur dan direncanakan oleh FORMASI UIN Raden Mas Said Surakarta. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka reorganisasi setap akhir kepengurusan dan dihadiri oleh mahadiksi UIN Raden Mas Said Surakarta beserta alumni. Acara ini berlangsung selama tiga hari secara berturut-turut dengan tujuan tersalurnya penyampaian LPJ raya, perumusan dan penetapan Anggaran Dasar (AD) & Anggaran Rumah Tangga (ART) serta pemilihan Ketua Umum periode baru.

Sendi Cahyo Pranomo (MD 21) selaku ketua panitia pada acara Musyawarah Besar FORMASI tahun 2022 menerangkan bahwa, “MUBES atau Musyawarah Besar adalah sebuah momen bagi organisasi sebelumnya. Tidak hanya itu, MUBES juga merupakan momentum bagi terbentuknya kepengurusan yang baru dalam menjalankan organisasi dengan baik dan tertib sesuai dengan pedoman atau administrasi yang sudah diperbaharui.”

Serangkaian acara Mubes diawali dengan pembukaan oleh MC, kemudian lantunan ayat suci Al-qur’an, menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dan pembacaan do’a. Sebelum dimulainya penyampaian LPJ raya, dilakukan pembacaan manual acara, tata tertib sidang serta tata tertib pemilihan pimpinan sidang tetap oleh pimpinan sidang sementara. Kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) oleh Badan Pengurus Angkatan (BPA) dan Badan Pengurus Pusat (BPP). Selama pembacaan LPJ, peserta Mubes dapat memberikan evaluasi, saran, pertanyaan serta penilaian terhadap LPJ yang sudah disampaikan.

Usai penerimaan LPJ yang dipimpin oleh pimpinan sidang tetap, adapula pembahasan, penetapan, dan pengesahan Anggaran Dasar (AD) & Anggaran Rumah Tangga (ART) yang menghasilkan beberapa perubahan. Kemudian acara dilanjutkan dengan pendemisioneran Badan Pengurus Pusat (BPP) masa bakti 2022 oleh Dewan Pertimbangan Forum Mahasiswa Bidikmisi dan KIP-Kuliah UIN Raden Mas Said Surakarta.

Setelah menyelesaikan agenda-agenda sebelumnya, sampailah pada agenda sidang terakhir yang membahas tentang pemilihan dan penetapan Ketua Umum baru. Harmanto (AKS 20) selaku Ketua Umum masa bakti 2022 menerangkan bahwa, “untuk peserta Mubes 2022 diharapkan dapat memilih dengan tepat dan bijak Ketua Umum periode 2023”. Pemilihan Ketua FORMASI masa bakti 2023 dilakukan pada hari Minggu, 25 Desember 2022. Terdapat 3 kandidat calon yaitu Muhammad Ilham (PBS-2021), Muhammad Isro’i Ma’ruf (PAI-2020), dan Riki Irawan (SPI-2020). Hingga akhirnya forum mencapai hasil, yaitu terpilihnya Muhammad Ilham (PBS-2021) sebagai Ketua Umum terpilih masa bakti 2023.



Acara kemudian diakhiri dengan serah terima jabatan dari Demisioner Ketua Umum FORMASI masa bakti 2022 saudara Harmanto kepada Ketua Umum terpilih masa bakti 2023 saudara Muhammad Ilham serta penyampaian kesan pesan. Setelah itu, sebagai bentuk relaksasi oleh panitia diadakannya tukar kado dan farewell party yang dilakukan oleh seluruh peserta dan panitia. Kemudian dilanjutkan penutupan oleh MC dan sesi dokumentasi.

Sendi Cahyo Pranomo berharap bahwa, “Dengan terlaksananya MUBES FORMASI 2022 semoga bisa menjadi suatu momentum untuk mengevaluasi pedoman sebelumnya selama satu periode agar dapat diperbaiki untuk periode kedepannya. Adapun catatan-catatan yang disampaikan dalam laporan pertanggungjawaban semoga dapat memberikan rekomendasi sebagai bahan pertimbangan dan menentukan keputusan atas program yang dilaksanakan. Dan yang terakhir, siapapun yang menjadi nahkoda baru untuk FORMASI 2023 semoga dapat amanah serta diberikan kekuatan, kesehatan, keamanan, kelancaran, dan keberkahan dalam mengemban tugas baru di FORMASI.

Harmanto juga menambahkan harapan bahwa, “Harapan saya dengan adanya kegiatan MUBES FORMASI 2022 adalah bisa dijadikan sebagai tempat untuk mengembangkan ide dan gagasan seluruh Mahasiswa Bidikmisi dan KIP-Kuliah salah satunya dengan mengungapkan pendapat kepada orang lain. Karena kita di latih untuk bagaimana mencari solusi bersama - sama apabila mengalami kendala dalam menjalankan program kerja dengan tujuan menghasilkan suatu keputusan bersama untuk di jalankan untuk FORMASI yang lebih baik . Selain itu melalui kegiatan MUBES bisa di jadikan tempat untuk bersilahturahmi dengan menjunjung tinggi rasa kekeluargaan antara Mahasiwa Bidikmisi dan KIP Kuliah dengan Kemahasiswaaan, serta Alumni. Serta yang terakhir melalui kegiatan MUBES bisa melatih jiwa kepemimpinan salah satunya dapat melatih tanggung jawab dan keberanian dengan di wujudkan  meneruskan nahkoda FORMASI dalam menjalankan kepengurusan ke depan untuk FORMASI yang terus memberikan manfaat kepada sekitar dan berintegritas”.

 

Posting Komentar

0 Komentar