6/recent/ticker-posts

KELUARGA


KELUARGA

Karya : Rofi Romadoni

Opini tentang sebuah keluarga ………..

Keluarga. Mungkin secarik tulisan ini tidak akan bisa menggambarkan seluruh arti di dalamnya. Menggambarkan sesuatu yang mungkin akan sulit terlukiskan. Makna keluarga pada setiap orang pun berbeda. Ada yang memaknainya sebagai anugerah, ada pula yang memaknainya sebagai bencana. Kita pun tidak bisa memilih, keluarga apa yang akan kita miliki nantinya, semua terjadi secara alamiah, dan bahkan kadang ada yang tak menginginkannya. Membangunnya pun tidak semudah orang membayangkan. Dimana ibarat sebuah balok tersusun, bila salah satu balok terambil, maka runtuhlah sebuah keluarga. Apalagi mempertahankannya dari sebuah badai yang akan selalu ada. 

Maka dalam sebuah keluarga, tak heran pasti ada sebuah pengorbanan. Pengorbanan inilah yang kadang tidak bisa dilakukan oleh Sebagian anggota keluarga. Memilih ego kadang adalah jalan terbaik yang bisa mereka lakukan. Daripada mengalah namun dalam sebuah penderitaan yang akan menyakiti mereka. Itu memang benar, membiarkan diri ini tidak menderita dalam suatu hal yang dijalaninya. Tetapi tetap akan ada yang berkorban atas pilihan ego itu. Tetapi, kadang mereka lupa, bahwa bumi ini berputar, begitupun dengan sebuah takdir manusia. Terkadang memang sulit melakukan sebuah pengorbanan. Tetapi, pasti akan ada hikmah dibaliknya. Inilah yang kadang membuat keluarga seperti sebuah pisau bermata dua. Bisa menguntungkan atau kadangkala merugikan. 

Tetapi, saya memiliki sebuah keyakinan. Keluarga yang sejati adalah keluarga yang bisa bertahan dari cobaan yang selalu menerpanya. Selain hal itu. Keluarga adalah suatu tempat dimana kita akan selalu nyaman berada di dalamnya. Membuat seolah diri kita berharga di dalamnya. Membuat diri kita seakan berperan dalam membentuknya. Keluarga bukan hanya yang suatu hal yang diikat oleh darah. Tetapi lebih dari itu, keluarga adalah sebuah tempat di mana kita dikelilingi oleh orang yang kita cintai.

Posting Komentar

0 Komentar